July 4, 2017

Internship (1) : Perjuangan daftar.

Hai.....udah lama ilang hahaha kemarin sibuk kuliah lagi btw gais, ngetiknya gua-elu aja ya biar berasa ngobrolnya hehehehe
Gua mau share pengalaman gue pas magang di Kementerian Luar Negeri RI which is gua magang di Direktorat Kerja Sama Intra dan Antarkawasan Amerika-Eropa.
Jadi gua magang tuh bertiga, sekelompok gitu... magang juga gara-gara diwajibin kan dari kampus itu sebagai syarat juga supaya bisa ambil skripsi hehe dan Alhamdulillah gue sama temen-temen gue udah bisa ambil skripsi semester 7 yang mana gua ambil sekarang.
FYI, Gue magang bareng sama Iklima dan Ayas si duo Rebel hahahaha lanjut......

Jadi gue dari awal sempet bingung (bingung mulu) gua mau magang di UNICEF sebenernya tapi jadi volunteer aja gua susah ya... dan setelah mikirin waktu yang udah mepet banget yaaaa yaudah pokoknya harus bisa di kemlu gitu hahahaha eits jangan salah magang di kemlu juga susah huhuhu
Mau masuk buat nanya ke direktoratnya aja receptionistnya udah gak ngebolehin jadi kalo bisa kita udah ada contact salah satu orang yang ada didalam dirjennya itu biar lebih mudah, dan kebetulan kita bertiga udah ada jadi yaaa gua dateng niatnya untuk tanya-tanya dulu masih ada tempat disitu atau nggak. Kalo gak ada jadi kan bisa pindah (ya begitu lah rasanya kalo nanya gebetan udah punya pacar apa belum), ternyata Alhamdulillah ada buat 3 orang. Waktu itu ayas gak bisa ikut.
Syarat-syaratnya:
  • Curiculum Vitae
  • Surat Keterangan dari kampus
  • Daftar Nilai (ini gak wajib banget sih kayanya)
Waktu itu kan gua nanya doang ya tapi waktu itu gak bawa syarat-syarat itu....Mbak Rosma (yang ngurusin magang gue) itu kasian rumah gue jauh dan waktu itu gue berdua sama iklima bawa motor hahahaha akhirnya sama dia dikasih emailnya gitu buat ngirim scanningan surat Keterangan dari kampusnya soalnya kata beliau itu yang paling penting. Gua, Iklima, dan Ayas niatnnya magang Awal tahun januari cuma sebulan pula hahahaha yaudahlah ya....Alhamdulillah di KSIA Amerika-Eropa fleksibel sih gak nentuin musti berapa bulan gitu (gue kurang tau kalo direktorat lain).
Nah..... selesai dari itu gua kesenengan jadinya kan kaya udah fix gitu kan gua magang disana dan udah gak kepikiran untuk nyari tempat lain hahahahaha udah jumawa cui pokoknya pada saat itu hahahaha Akhirnya gua kirim kan surat keterangannya, itu awal september nah terus langsung dapet balesan.... yang pada intinya nanti dikabari lagi gitu, nah loh kan mokat ya gua udah jumawa dapet tempat magang bakalan ini itu dan gak mau nyari tempat lagi wkwkwk
gua bertiga nunggu.....
nunggu....
nunggu.......
Sampe udah pas gua mau uas awal desember kayanya gak dikabarin, kalo nanya ditelfon kan gak enak ya mending ketemu langsung gitu (waduh) jadinya gua kesana lagi...  ternyata lantai dirjen Amerika dan Eropa lagi di renovasi dan pindah ke Pusdiklat Kemlu, yaudah gua bertiga kesana kan which is letaknya disenayan wkwk udah keringetan parah pokoknya wkwk
Dan pas sampe sana surat kita gak ada waktu itu sama yang gua bilang bapak-bapak (Pak Zulfan) hehe udah mau nangis gua hahaha kata mbak Rosma waktu pindahan gitu kayanya surat gua gak ditaro ditempat yang seharusnya biasa buat anak magang gitu, waduh dalem hati gua begini nih efek jumawa hahaha terus mbak rosma nanya bisa bulan lain gak? yaaa kita bertiga jawab gak bisa karena pas banget pertengahan februari udah masuk kuliah, pokoknya kaya udah bilang diusahain gitu.
Nah...yaudah gua sama iklima dan ayas cuma yaudah gitu tapi sambil ngomongin kalo gak dapet disini daftar kemana lagi
Eh gak lama....mbak Rosma balik lagi terus nanya "Loh belum pergi?" serta membawa kabar gembira untuk kita semua *nada iklan*
Kita bertiga magang, daftarnya tanggal 07 Januari-07 Februari 2017 and She's Said bisaaa!! Udah diomongin sama Pak Zulfan! hiyay! dia cuma bilang nanti kemungkinan bakal banyak orang dan takut kita bertiganya gak nyaman makanya agak ragu-ragu gitu (Gak ada basa-basi kita bilang kan nyaman-nyaman aja HAHAHAHA). Kenapa mbak Rosma bilang gitu? Soalnya gedungnya belum pasti gitu nanti bakalan dipusdiklat atau dikemenlu dan karena kita udah daftarnya dari lama dan itu kesalahan juga karena surat keterangan kita sebenernya udah dikirim sebenernya dari lama jadi udah pasti bisa hehehehe :3 jadi kita tinggal dateng, terus dikabarin lewat email atau telfon gitu
ALHAMDULILLAH.... Bisa ke sency dan makan yoshinoya dengan tenang setelah itu! hahaha
Pelajaran nih sebagai manusia, gak boleh jumawa ya teman-teman! hahahahaha :") (maafkan guys aku jumawa)
Tapi dipikir-pikir selain gua jumawa hahaha
Emang bener juga sih, perjuangan juga gak ada yang sia-sia. Gua udah bolak-balik kan ya..kesana sampe bahkan pindah gedung....yaaaa
Bakalan tetep dapet walaupun ada kerikil-kerikil kecil. Jadi kalo mau sesuatu ya diperjuanginnya sampe maksimal kalo bisa dan gak boleh gampang give up. Soalnya bisa aja gua, iklima, ayas gak magang disana kalo waktu kemarin kita nyerah gitu aja, gitu gak mau ngomongin lagi dan langsung cabut hahaha
Gua sangat teramat senang bisa magang disana, banyak nambah temen, pengalaman dan yang pasti omongan orang-orang yang bilang jadi "Tukang Fotokopi" itu salah semua :-)
Lanjutannya di postingan selanjutnya ya!
Bonus foto awal pas ke Kemlu hahahaha
Kalian yang tertarik gua saranin 100% magang disana, jangan dengerin orang-orang yang bilang cuma jadi tukag fotokopi mungkin itu individunya sendiri gak pernah nanya "ada kerjaan lagi gak mbak?Bu?Pak?" gitu :)


Love, Deanda.

No comments:

Post a Comment